.

8 kesalahan yang harus di hindari oleh seorang penjual


Dalam melakukan penjualan, tanpa disadarinya.banyak penjual yang melakukan kesalahan-kesalahan mendasar, Padahal kalau sedikit berusaha untuk belajar, kesalahan-kesalahan tersebut tidak mungkin terjadi, sehingga target penjualan dapat tercapai.

Setidaknya ada 8 kesalahan mendasar yang sering dilakukan oleh penjual.

Yang pertama, penjual tidak menguasai product knowledge dengan baik. Sebagian besar penjual biasanya hanya menguasai Fitur dari produk yang dijualnya, namun sering kali yang terjadi penjual tidak menguasai Benefit maupun keunggulan dari produk yang dijualnya.. Banyak pertanyaan tentang produk oleh pelanggan, bahkan pertanyaan sederhana sekalipun, tidak dapat dijawabnya dengan gamblang. Sehingga pelanggan sering ragu dan tidak yakin dengan produk tersebut.

Kedua, penjual tidak siap menemui pelanggan. Persiapan yang dilakukan seperti: brosur, produk demo, testimoni, komputer, alat peraga, alat pendukung misal baterai untuk barang elektronik tidak disiapkan. Sehingga penjual kurang dapat meyakinkan pelanggan


Ketiga , Penjual tidak mengenali secara spesifik, apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh si pembeli. Kesalahan ke dua ini terkait dengan kesalahan pertama, yakni penjual hanya mampu menguasai fitur dari produk Apakah produk tersebut bermanfaat bagi si pembeli atau apakah produk itu memberikan solusi atas kebutuhannya? hal ini yang sering dilewati oleh kebanyakan penjual.
Pada dasarnya bukan fitur yang dibeli oleh si pembeli, namun pembeli membeli BENEFIT baginya.

Keempat , Penjual terlalu banyak bicara, kurang mendengarkan apa yang sebenarnya diinginkan oleh pelanggan. Bila hal demikian terjadi, pelanggan sering menjadi tidak hormat atau perhatian terhadap penjual dan bagi si penjual, dia tidak dapat menemukan apa sebenarnya yang dibutuhkan oleh pembeli

Kelima, penjual tidak mendengarkan apa yang dikatakan oleh pelanggan baik tersurat ataupun tersirat. Kurang peka terhadap kebutuhan sebenarnya yang harusnya penjual penuhi. Misal keinginan untuk mendapat hadiah tambahan atau diskon khusus.

Keenam, penjual kurang peduli terhadap pelanggan. Ini adalah sesuatu yang penting. Sayangnya yang sering terjadi penjual hanya peduli dengan dirinya sendiri, misal hanya ingin target penjualan tercapaii. Setelah produk terjual, penjual tidak peduli lagi dengan pelanggan. Apakah dia puas atau bilamana produknya rusak tidak mau membantu.

Ketujuh , penjual tidak jujur dan tulus kepada pelanggan. Ini sesuatu yang serius, terlebih setelah menipu, penjual tidak merasa bersalah. Hasil seperti ini biasanya tidak panjang, karena kemudian pelangan tidak percaya lagi dengan penjual, meski penjual menjadi jujur sekalipun.

Yang terakhir, pelanggan sebenarnya tidak siap membeli produk penjual. Banyak sebab, diantaranya mungkin terlalu mahal, atau malah terlalu murah, mungkin produknya tidak cocok, mungkin ada pilihan lain yang lebih cocok untuk pembeli dan sebagainya.

8 kesalahan umum dan mendasar yang sering dilakukan oleh penjual seharusnya bisa dihindari, yang tentunya akan menghasilkan tingkat penjualannya..

Happy Selling


Life For Happiness

Irma Sustika LUTCF
http://tipsntrikpenjualan.blogspot.com/2009/10/8-kesalahan-mendasar-yang-harus.html